Pembukaan

DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD)
JARINGAN SANTRI INDONESIA (JSI)
PROVINSI SUMATERA UTARA


A- MUQADDIMAH


SANTRI Pondok Pesantren merupakan generasi penerus harapan agama dan negara. Mereka diharapkan mampu berperan aktif disegala bidang kehidupan, khususnya dalam hal menegakkan kalimah Allah di muka bumi ini; dengan berbagai cara sesuai kemampuan masing-masing. Peranan mereka saat ini sangat dibutuhkan, apalagi pada era peradaban saat ini yang telah terkontaminasi oleh hawa nafsu, penyimpangan nilai etika dan moral, serta jauh dari tuntunan agama.

Tanggungjawab ini begitu besar lagi berat, namun sebagai seorang santri ataupun mahasantri harus dapat melihat segalanya secara proporsional. Mereka harus bangkit dan bekerja secara bersama-sama. Karena setiap sesuatu apabila sudah menyimpang dari garis sunnatullah mesti segera diluruskan. Ini adalah amanah yang tidak boleh disia-siakan. "Sesungguhnya Allah akan menanyai setiap orang tentang amanah yang dipercayakan kepadanya, apakah ia jaga atau ia sia-siakan" (sabda Nabi SAW).

Jaringan Santri Indonesia (JSI) adalah sebuah Organisasi Islam yang didirikan pada tanggal 10 Mei 2009 di Jakarta. Organisasi JSI, selain merupakan wadah silaturahmi antar santri / mahasantri / pengurus Pondok Pesantren se-Indonesia, juga diharapkan dapat berperan sebagai media perekat umat dalam rangka menegakkan 'amar ma'ruf - nahi munkar guna mewujudkan "baldatun thayyibatun wa rabbun khofuur".


B- VISI DAN MISI


Visi :

Mengembangkan Potensi Santri Dalam Pembangunan Bangsa dan Syi'ar Agama

Misi :

1- Menjalin komunikasi dan silaturrahmi antar alumni Pesantren

2- Pemberdayaan umat di bidang agama, ekonomi, pendidikan, sosial budaya & politik

3- Mewujudkan kesejahteraan umat

4- Persatuan dan kesatuan umat Islam dalam bingkai NKRI


C- TUJUAN


Memberdayakan dan menggali potensi santri Pondok Pesantren